28.1.08

Soeharto

Pasti Anda kenal sosok disamping ini. Presiden RI Kedua HM Soeharto wafat pada pukul 13.10 WIB Minggu, 27 Januari 2008. Jenderal Besar yang oleh MPR dianugerahi penghormatan sebagai Bapak Pembangunan Nasional, itu meninggal dalam usia 87 tahun setelah dirawat selama 24 hari (sejak 4 sampai 27 Januari 2008) di RSPP, Jakarta.

Banyak pro maupun kontra tentang sosok yang Soeharto. Ada yang menganggap sebagai Bapak Pembangunan yang menyelamatkan dan menyejahterakan rakyat Indonesia, tapi disisi lain berbagai pemberontak muncul melawan Soeharto. Isu koruptor kelas dunia begitu lekat dengan sosoknya yang murah senyum. Berbagai perlawanan mulai dari politikus dari partai oposisi sampai dengan para mahasiswa seakan tiada henti pada saat-saat Soeharto berkuasa. Sampai akhirnya beliau meletakkan jabatannya pada Mei 1998 kala itu.

Terlepas dari sisi baik dan buruknya seorang Soeharto, kini beliau telah berpulang ke Rahmatullah. Banyak yang merasa kehilangan dan meneteskan airmata atas kepergian beliau. Sosoknya begitu dekat dengan masyarakat selama 32 tahun memimpin bangsa Indonesia, sehingga ketika beliau sang ajal telah menjemputnya, kenangan-kenangan semasa Soeharto masih ada kembali menghentak rakyat Indonesia pada umumnya.

Kita hanya bisa berdoa, mudah-mudahan segala amal kebaikan beliau selama masa hidupnya diterima Allah SWT dan segala dosa serta kesalahan yang dilakukan mendapat maghfirahNya.

Jayalah Bangsa Indonesia!!

No comments:

Post a Comment